Iklan Melayang

Ajari Anak Anda Tangkas Berinternet di Interland Google



Sekarang kita sudah berada dizaman dimana semua aktifitas berhubungan dengan internet, dalam hal ini tentu saja pasti ada nilai positif dan negatifnya. Untuk menentukan bagaimana cara mendapatkan nilai positifnya adalah tentu saja dengan belajar bagaimana menggunakan internet yang baik, terutama kepada anak-anak yang masih awam terhadap internet.


Dalam hal ini, anak-anak yang harus lebih diperhatikan karena dampak internet ini lebih berpotensi terhadap si pengetahuan anak terhadap internet, mereka belum menyadari akan bahaya internet, bahkan mungkin mudah sekali termakan hoax yang didapat dari internet yang bertebaran.

Tapi untungnya sekarang Google telah memperhatikan internet dengan dunia anak-anak, dimana sekarang Google telah menerapkan internet postif bagi anak-anak, contohnya gmail yang membatasi umur untuk membuat email, Youtube menciptakan  Youtube Kids  khusus untuk anak-anak dan membuat permainan yang bertemakan Tangkas Berinternet untuk anak-anak.





Tangkas Berinternet

Untuk mengoptimalkan manfaat internet, anak-anak harus dilatih untuk membuat keputusan cerdas. Tangkas Berinternet mengajarkan dasar-dasar keamanan dan kewargaan digital kepada anak-anak agar mereka dapat menjelajahi dunia online dengan percaya diri.

Ada empat permainan yang bisa di mainkan di Interland Google untuk pengajaran kepada anak-anak.

1. cerdas Berinternet : Hati-Hati Dalam Berbagi



Berita baik (dan buruk) bisa menyebar dengan cepat di internet, dan tanpa adanya tindakan pencegahan, anak-anak dapat terjebak dalam situasi rumit yang memiliki konsekuensi jangka panjang. Solusinya? Anak perlu belajar cara memilih informasi yang tepat untuk dibagikan dengan orang terdekat maupun dengan orang yang tidak dikenal.

Berkomunikasi secara Bertanggung Jawab
  • Dorong kebiasaan berbagi secara bijaksana dengan memperlakukan komunikasi online seperti komunikasi tatap muka. Jika suatu hal tidak pantas untuk dikatakan, maka tidak pantas juga untuk diposting.
  • Buat panduan tentang jenis komunikasi yang pantas (dan tidak pantas).
  • Jaga informasi pribadi keluarga dan teman dari orang lain.

Dalam permainannya kamu hanya perlu membagi informasi kepada teman ataupun keluarga dengan cara memantulkan cahaya kekaca sesuai dengan tugas yang diberikan.

2. Cermat Berinternet : Jangan Mudah Tertipu





Penting untuk membantu anak-anak menyadari bahwa orang dan situasi dalam dunia online tidak selalu seperti yang mereka lihat. Membedakan yang asli dari yang palsu adalah pelajaran yang sangat penting dalam keamanan online.

Ketahui Tanda-Tanda Kemungkinan Scam
  • Jika Anda menerima informasi yang tak masuk akal bahwa Anda "memenangkan" atau mendapatkan sesuatu secara "gratis", itu mungkin penipuan.
  • Pemberian hadiah seharusnya tidak meminta informasi pribadi, seperti sandi.
  • Waspadai upaya phishing, yaitu upaya untuk mencuri informasi seperti detail akun atau login dengan berpura-pura menjadi kontak yang Anda percayai di email, pesan teks, atau komunikasi online lainnya.


Cara bermainnya adalah kamu harus menyebrangi sungai kebenaran dengan cara menjawab semua pertanyaan di setiap langkah yang kamu lewati.

3. Tangguh Berinternet : Jaga Rahasiamu



Privasi dan keamanan pribadi sama pentingnya baik di dunia online maupun di dunia nyata. Menjaga informasi yang berharga akan membantu anak-anak menghindari kerusakan perangkat, reputasi, dan hubungan mereka.

Buat Sandi yang Tangguh
  • Buat sandi yang mudah diingat, tetapi hindari penggunaan informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir.
  • Gunakan perpaduan huruf besar dan kecil, simbol, serta angka.
  • Ub4h HuRuf d3n9@n s1mb0l & 4ngk4 $3per+i 1n1.

Variasikan Sandi
  • Jangan gunakan sandi yang sama untuk akun berbeda.
  • Buatlah berbagai variasi dari sandi yang sama untuk akun yang berbeda.

Cara bermainnya adalah kamu diharuskan cepat mengambil icon pesan yang berada dijalanan dan melindungi kastil dengan cara membuat sandi yang kuat.

4. Bijak Berinternet : Jadi Teladan Kebaikan



Internet merupakan sarana yang luar biasa untuk menyebarkan kebaikan, tetapi juga bisa digunakan untuk kejahatan. Anak-anak dapat melakukan hal yang benar dengan menerapkan konsep "perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan", menciptakan dampak yang positif untuk orang lain, serta tidak mendukung perilaku perundungan (bullying).

Jadilah Teladan
  • Gunakan kecanggihan internet untuk menyebarkan kebaikan.
  • Hentikan penyebaran pesan yang membahayakan dan tidak benar dengan tidak meneruskan pesan tersebut kepada orang lain.
  • Hargai perbedaan orang lain.

Ambil Tindakan
  • Blokir perbuatan jahat dan tidak pantas di internet.
  • Berusahalah untuk memberikan dukungan kepada orang yang dirundung (di-bully).
  • Dorong anak-anak untuk menyampaikan dan melaporkan perundungan (bullying) di internet.

Kamu ditugaskan untuk menyebar kebaikan dan memblokir tindakan bullying yang ada di kerajaan kebaikan.

Setelah kamu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam permainan tersebut, akan ada quis di akhir permainan guna apakah kamu bisa memahami apa yang sudah kamu lakukan didalam permainan tersebut


Dan setealah berhasil menjawab semuat quis tersebut kamu berhal mendapatkan sertifikan tangkas berinternet


Berani Berinternet : Tanya Kalau Ragu



Satu pelajaran yang berlaku untuk semua interaksi di dunia digital: Saat anak-anak menemukan sesuatu yang patut dipertanyakan, mereka harus merasa nyaman untuk berbicara dengan orang dewasa yang mereka percayai. Orang dewasa dapat mendukung perilaku ini dengan menanamkan komunikasi terbuka di rumah dan di kelas.

Dorong Perilaku Berani Berinternet


Jelaskan aturan dan berikan saran penggunaan teknologi yang baik bagi anak di rumah maupun di kelas, serta konsekuensi dari penggunaan teknologi yang tidak pantas.
Teruslah menjalin komunikasi dengan sering mengajak anak-anak bicara dan mendorong mereka untuk bertanya.
Bertanya dan berdiskusilah dengan orang dewasa lain yang tepercaya, seperti guru, pelatih, penasihat, teman, dan saudara.

Untuk memainkan gamenya silahkan klik tombol mainkan di bawah ini. Untuk penggunaan di Handphone aktifkan dulu mode rotate nya, karena game ini dimainkan dalam mode lanscape


Kurikulum Tangkas Berinternet


Bagi kamu yang seorang pengajar atau guru, Interland Google juga menyediakan Kurikulum Tangkas Berintenet untuk Membantu pelajar menjadi warga digital yang bertanggung jawab.

Kurikulum Tangkas Berinternet memberi para pengajar alat dan metode yang diperlukan untuk mengajarkan dasar-dasar keamanan digital. Materi yang dikembangkan oleh Google dalam kemitraan dengan iKeepSafe ini memungkinkan para pengajar untuk menghadirkan pelajaran yang esensial—dan keseruan Interland—ke dalam ruang kelas.

Dalam kurikulum ini terdapat rencana pembelajaran untuk lima topik, serta kegiatan dan lembar kerja yang dirancang untuk melengkapi Interland.
Download juga permaian kertas lipat yang akan membentuk karakter di Interland Google



Sumber : https://beinternetawesome.withgoogle.com/id_id

Post a Comment for "Ajari Anak Anda Tangkas Berinternet di Interland Google"

Seedbacklink