Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gamers Merapat! ROG Strix Scar 16 Bawa Spesifikasi Paling Garang


Di tahun 2023 ini, sebagian besar produsen laptop telah meningkatkan ukuran umum laptop gaming dari 15,6 inci menjadi 16 inci, termasuk juga ASUS yang menghadirkan ROG Strix Scar 16. Laptop ini tampil dengan ukuran layar sedikit lebih kecil dari ROG Strix Scar 18 yang diluncurkan bersamaan, namun dukungan prosesor Intel Core i9-13980HX yang kuat dan GPU laptop Nvidia GeForce RTX 4080 menjadikannya sebagai mesin game yang ganas dengan harga lebih murah. 

Tertarik dengan kemampuan ultra powerful ROG Strix Scar 16 yang diklaim paling garang di kelasnya? Simak penjelasan di bawah ini.


Konfigurasi ASUS ROG Strix Scar 16

ROG Strix Scar 16 memiliki desain paling khas dengan ukuran 355 x 265 x 30 mm. Bobot 2,6 kg juga menarik perhatian, tidak terlalu berat untuk ukuran laptop dengan beban kerja mesin yang besar serta banyak komponen pendukung kinerjanya. Supaya kamu bisa mengetahui apa saja komponen yang mendukung perangkat berperforma tinggi ini, berikut ini spesifikasi laptop terbaru ASUS khusus untuk para gamer.

1. Performa Ultrapowerful

Berbekal prosesor Intel Core i9-13980HX, ROG Strix Scar 16 menghasilkan performa yang tidak akan mengecewakan, cepat, dan efisien. CPU terbaru Intel generasi ke-13 tersebut menggunakan 8 Core dan 16 Thread, serta kecepatan clock speed hingga 4,5 GHz yang mampu diandalkan untuk beban kerja berat pada game dan rendering video. 
 
Apalagi dengan dukungan dari GPU laptop Nvidia GeForce RTX 4080, hardware tersebut dipasangkan dengan memori 32GB dan SSD 1TB untuk penyimpanan, sedangkan GPU dilengkapi dengan RAM video 12GB. 
 
Laptop gaming terbaru ASUS ini menyediakan versi dengan grafis Nvidia GeForce RTX 4080 dan RTX 4090 yang lebih bertenaga. Keduanya dapat dikonfigurasi dengan RAM hingga 64GB dan penyimpanan hingga 4TB dengan SSD ganda 2TB. Kecepatan grafis didukung juga dengan teknologi Nvidia Dynamic Boost yang mengoptimalkan daya hingga 175 W. Kombinasi antara CPU i9-13980HX dan GPU RTX 4080 membuat laptop ini sanggup mendukung segala jenis game terbaru yang berat dan rumit.


2. Desain Modern

ROG Strix Scar 16 tampil dengan desain modern dan futuristik. Konstruksi menggunakan material plastik berkualitas berwarna hitam yang kokoh dengan sasis semi transparan yang memungkinkan kamu bisa melihat bagian dalamnya. Engsel layar yang digunakan untuk menahan penutup dan layar dengan aman, terbuat dari logam. 

Keyboard dilengkapi pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan untuk setiap tombol, serta bilah lampu bercahaya di sepanjang tepi depan sasis, di ventilasi belakang, dan pada logo ROG di tutup laptop. Keyboard berukuran penuh dengan semua tombol chiclet, tombol fungsi yang lengkap, dan deretan kontrol media. Laptop ini tidak memiliki papan angka, melainkan tombol yang terintegrasi ke dalam touchpad yang menerangi kotak angka berbasis sentuhan tepat di touchpad.


3. Layar Nebula

ASUS menggunakan panel LED mini ROG Nebula HDR berukuran 16 inci, dengan rasio aspek 16:10 dan resolusi 2.560 x 1.600 px (QHD). ROG Strix Scar 16 dibuat sebagai laptop gaming tanpa kompromi, layarnya didukung Nvidia G-Sync untuk menghilangkan robekan layar, meminimalisir stuttering dan ghosting, serta kecepatan refresh rate 240Hz dan response time 3ms yang akan mengimbangi game yang bergerak paling cepat. 


4. Konektivitas Lengkap

Di sepanjang sisi sasis, terdapat dua port USB 3.2 Gen 2 Type-A (10Gbps) di sebelah kanan, dua port USB-C untuk koneksi Thunderbolt 4 dan untuk USB 3.2 Gen 2 (20Gbps), satu HDMI output, port Ethernet 2,5Gbps, dan jack audio kombo 3,5 mm di sebelah kiri. 

Gabungan output USB-C dan port HDMI ukuran penuh yang dipasangkan dengan Nvidia GeForce RTX 4080 di dalamnya, ROG Strix Scar 16 dapat mendukung hingga tiga monitor 4K eksternal pada 60Hz secara bersamaan, menjadikannya perangkat yang sangat cocok untuk pengaturan multi-monitor tanpa kecepatan refresh yang lebih tinggi. Selain itu, fitur konektivitas juga didukung dengan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 untuk menghubungkan ke jaringan dan periferal.


5. Daya Tahan Baterai

Kinerja baterai 90 WHrs, membuat ROG Strix Scar 16 kuat dan mampu bertahan dalam pemakaian berjam-jam dan menjauh dari stopkontak. Kamu bisa memutar file video 720p yang disimpan secara lokal dengan kecerahan layar 50%, volume audio 100%, baterai terisi penuh, dengan Wi-Fi dan lampu latar keyboard dimatikan. Saat membutuhkan daya tambahan, tersedia fitur pengisian daya cepat. Kamu akan mendapatkan baterai penuh dalam waktu 2 jam saja.


ROG Strix Scar 16 merupakan laptop terbaru ASUS dengan spesifikasi bawaan unggulan terbaik yang membuatnya mampu menjadi laptop gaming paling garang di kelasnya. Kamu bisa menampilkan performa terbaik dan kompetitif dalam setiap game dengan dukungan fitur-fitur terbaru dan terbaik ini. Pengalaman penggunaan jadi semakin meningkat dan mengesankan.