Iklan Melayang

Life

Banyak aspek kata “hidup” di dunia ini, tergantung bagaimana perspektif seseorang dalam menjalani kehidupannya. Kata orang hidup ini dibagi menjadi tiga, hidup dalam kandungan, hidup di dunia, dan hidup setelah kita mati.
Banyak orang dengan hidup yang berbeda-beda, entah kenapa terkadang aku ingin hidup seperti mereka. Aku selalu berkhayal hidup menjadi seorang pemusik, dimana aku bisa membuat orang lain gembira atau seseorang merasa terhibur. Kadang aku berkhayal hidup menjadi seorang koki (juru masak), kadang aku juga berkhayal hidup menjadi orang kaya dimana aku bisa membeli apa yang aku inginkan, dan kadang aku juga berkhayal hidup di dunia dongeng dimana aku bisa menjadi seorang superhero dan menyelamatkan seorang tuan putri.
Tapi temanku mengatakan “Life is Choice”, ya, hidup itu pilihan, dan pilihan yang kau pilih akan menentukan masa depanmu. Katanya, apa yang kau lakukan hari ini adalah hasil dari pilihanmu dihari kemarin. Masalahnya adalah bagaimana cara kita menentukan hidup yang tepat ?
 Tak seperti orang lain, mungkin banyak dari mereka yang sudah menentukan pilihan hidupnya, sedangkan aku masih mencari arah di persimpangan jalan kehidupan. Aku tak tahu bagaimana pilihan itu baik untuk masa depan, aku hanya membayangkan bahwa jalan hidup semudah air yang mengalir tanpa hambatan.
Ternyata aku salah, hidup memang penuh lika-liku, jalan yang berkelok, jalan bebatuan, dan banyak persimpangan jalan. Semua orang pasti mendapatkan kesulitan diperjalan hidup meraka, ya aku tahu itu. Tapi mengapa aku selalu berharap hidup seperti mereka ? padahal jalan yang ku tempuh sama sulitnya dengan jalan meraka.
Dan sepertinya aku mulai menyadari bukan hidup bukan sekedar hidup, hidup adalah perjalan, hidup adalah sebuah pengabdian. Pengabdian terhadap kepada sang pencipta, yang mengharuskan perjalan hidup ini adalah tentang hal berbuat kabaikan kepada sesama makhluk hidup.
Lalu aku mulai melangkahkan satu langkah kaki dan masuk kedalam sebuah tatanan sebuah kebaikan dengan cara berdakwah. Walaupun mungkin baru dengan hal-hal kecil yang tidak terlalu berarti, namun kebaikan tetaplah kebaikan. Kurasa itu adalah langkah awal yang baik untuk mulai menebar sebuah kebaikan, karena semua orang bisa melakukannya.  
Kalau dipikir-pikir hidup ini tidak terlalu sulit, yang sulit hanyalah bagaimana cara kita agar tetap beristiqomah dalam melakukan suatu hal yang kita kerjakan. Cara bagaimana kita konsisten dengan apa yang sudah kita pilih untuk masa depan.
Aku tidak terlalu fakar dalam hal soal kehidupan, tapi yang pasti kita hidup bukan hanya untuk sekedar bekerja, makan, berkeluarga, dan berlibur. Hidup adalah bagaimana cara kita berbuat baik selama kita hidup di dunia.

Jadi kalau kalian menanyakan arti kata hidup menurut pandangan dari diriku, bagiku hidup adalah sebuah kebaikan.


Post a Comment for "Life"

Seedbacklink