Iklan Melayang

Mau Hidup Lebih Hemat? Coba Tips Ala Penghuni Apartemen Bassura Ini!

Apartemen Bassura
Apartemen Bassura


Kebutuhan lahan tak sebanding dengan ketersediaannya sehingga memaksa seseorang untuk mencari tempat tinggal yang sesuai. Sebagian eksekutif muda akan memilih tinggal di apartemen. Salah satunya Apartemen Bassura yang berlokasi di antara Jakarta bagian Selatan dan Timur.

Apartemen tak sama dengan rumah pada umumnya. Baik sewa maupun beli, harganya lebih tinggi daripada kos atau beli rumah dengan ukuran sama.Saat menyewa pun akan dikenakan biaya IPL atau service charge

Untuk itu, agar pendapatan mampu menutupi seluruh kebutuhan maka harus ada upaya penghematan. Sebab hidup di apartemen memang tidak murah.

Cara Hemat Hidup di Apartemen Bassura

Meskipun terbilang tidak murah, bukan berarti hidup di apartemen akan menghabiskan uangmu. Sebab ada tips atau cara berhemat agar pengeluaranmu tidak membengkak. Seperti yang telah terangkum di bawah ini.

1. Catat Seluruh Pengeluaran Pokok


Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencatat seluruh pengeluaran pokok dalam rentang waktu per bulan. Seperti biaya sewa per bulan, tagihan listrik/telepon/internet, biaya hidup dan antisipasi dana darurat serta lainnya. Besarnya dana darurat minimal sebesar 10% dari gaji pokok.


Buatlah catatan secara detail termasuk tanggal jatuh tempo atau deadline. Usahakan semua pengeluaran tersebut bisa tertutupi sebelum deadline. Kemudian pasang catatan di tempat yang sering kamu lihat, misal dinding kamar, meja kerja, pintu kulkas, dompet atau lainnya.

2. Pertimbangkan Pendapatan

Seharusnya sebelum mengambil langkah jauh, pertimbangkan dulu kemampuan kita. Apakah pendapatan kita mampu memenuhi seluruh rencana keuangan? Atau ternyata justru defisit?

Kebanyakan penghuni apartemen adalah eksekutif muda dengan pendapatan hingga puluhan juta rupiah. Tak dipungkiri bahwa mereka mampu untuk hidup di apartemen. Namun, jika gaji kamu masih sebatas UMR maka sebaiknya pertimbangkan dulu matang-matang dan sesuaikan dengan kemampuan.

3. Hiduplah Sesuai Kebutuhan, Bukan Gaya Hidup

Banyak orang yang terlena dengan gaji besar sehingga meningkatkan gaya hidupnya untuk hal yang unfaedah. Contoh sederhananya berlebihan dalam membeli barang-barang branded, hangout di cafe mewah, minum kopi mahal, mengikuti arisan. Sesekali saja tak apa, tapi jika terlalu sering tentu berbahaya.

Hiduplah sesuai kebutuhan meski kamu berada di lingkungan high class. Memang ada kalanya membeli sesuatu yang berkelas jika memang sangat diperlukan. Misalnya, membeli pakaian dan sepatu bermerek untuk urusan pekerjaan karena berhubungan dengan banyak klien.

Namun, di luar itu ada jangkauan jangka panjang yang harus dipikirkan. Kamu harus bisa menggunakan gajimu untuk keuangan per bulan. Termasuk menyisihkan sebagiannya guna tabungan masa depan. Mungkin saat ini kamu tidak perlu, namun siapa tahu di kemudian hari kamu sangat membutuhkannya.

4. Manfaatkan Kesempatan Belanja Saat Promo

Hampir setiap bulan ada momen dimana pusat perbelanjaan akan mengadakan promo atau sale besar-besaran. Saat hari itu tiba, manfaatkan untuk membeli barang yang memang kamu butuhkan. Misal Sembako (sembilan bahan pokok), keperluan mandi, skin care dan lain sebagainya.

Apartemen Bassura termasuk hunian yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan. Sehingga kamu bisa belanja lebih mudah saat promo tiba.

Promo juga tak selalu di supermarket atau pasar modern. Tetapi juga di pasar tradisional kerap kali diadakan pasar murah langsung dari pemerintah maupun penjual.

5. Biasakan Masak Sendiri

Survei membuktikan bahwa dengan memasak sendiri dapat memangkas pengeluaran makan hingga lebih dari 50%. Karena itu, belajarlah memasak dari sekarang. Gunakan peralatan masak yang aman dan resep yang terpercaya.


Jadi, hidup hemat di Apartemen Bassura bukan lagi sebuah mitos. Kamu tentu bisa melakukannya. Tanamkan tekad dan semangat bahwa kamu bisa berhemat!

Post a Comment for "Mau Hidup Lebih Hemat? Coba Tips Ala Penghuni Apartemen Bassura Ini!"

Seedbacklink