Iklan Melayang

Cara Membuat QR Code Di MS.Office (MS. Word, Ms. Excel & Ms. Power Point)

Cara Membuat QR Code Di MS.Office (MS. Word, Ms. Excel & Ms. Power Point)

Sketzhbook - Hai semua, disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat QR Code dengan Ms. Office. QR Code adalah kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”, dimana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan di tahun 1994. Dibandingkan dengan kode batang biasa, QR Code lebih mudah dibaca oleh pemindai dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal.

QR Code memiliki dua jenis, yaitu Static QR Code dan Dynamic QR Code. Apa bedanya ya Kawan PRIMA? Ternyata, Static QR Code adalah QR Code yang berisi tautan ke halaman web yang tetap. Penggunaan Static QR Code menyebabkan konten QR Code tidak dapat diubah. Sedangkan, Dynamic QR Code adalah QR Code berisi sebuah URL singkat yang kemudian dialihkan ke halaman web yang lain. Penggunaan Dynamic QR Code menyebabkan QR Code dapat diubah dan digunakan ulang terus menerus.

QR Code bekerja dengan cara membaca beberapa komponen pada kotak kode. Tiga kotak besar di setiap sudutnya menggambarkan pembatas kode. Sedangkan kotak yang lebih kecil berguna untuk mengukur besar kotak. Beberapa komponen yang ada di tengah kode adalah pola waktu, data informasi, dan nomor versi. Area-area ini dibaca oleh scanner dan diproses datanya sehingga QR Code berfungsi. Perlu diingat, QR Code tidak hanya terbatas fungsinya pada pembayaran saja, namun juga dapat digunakan untuk instrument lain. Dalam hal ini, QR Code berfungsi sebagai interface platform. Sumber:https://www.jaringanprima.co.id/id/mengenal-qr-code.

Sudah banyak penyedia Aplikasi Generator yang bisa membuat QR Code, dan Ms. Office pun tak mau ketinggalan pada bidang Teknologi Informasi tersebut dimana Ms. Office memudahkan penggunanya untuk keperluan pekerjaan.

Nah Bagaimana caranya membuat QR Code di Ms. Office tersebut. Syarat pertama yang kalian butuhkan adalah Internet, karena kalian di haruskan menambahkan fiturnya di Ms. Office Tersebut. Jika sudah mempunyai Internet di Komputer/Laptop kalian, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

Buka salah satu program Ms. Office kalian, sebagai contoh saya membuka program Ms. Power Point.

Buka Menu Insert - lalu pilih Get Add-ins



Lalu akan muncul tampilan untuk menambahkan Add-ins



Ketik QR di kotak pencarian lalu tekan Enter pada Keyboard dan akan muncul QR4Office



Klik tombol Add yang berada di sebelah kanan



Setelah di klik akan ada bacaan peringatan Cancel atau Continue, kalian pilih saja Continue hingga tampil seperti gambar dibawah ini.



Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini


Tinggal kalian isikan Teks kalian yang ingin dibuat QR Code di bagian kotak Teks



Setelah mengisi Teks kalian bisa merubah Warna dan Ukuran dari QR Tersebut



Untuk menyimpan QR Code nya tinggal mengklik tombol Insert yang berada di bawahnya.



Maka QR Code tersebut akan masuk ke halaman kalian.



Dan QR Code pun sudah jadi dan siap digunakan untuk kalian Share.
Nah tadikan saya membuatnya di Program Ms. Power Point, lalu bagaimana memasukannya di MS. Office lainnya ?

Sangat mudah sekali ya teman-teman, caranya adalah kalian buka Menu Insert - lalu pilih My Add-ins


Makan akan muncul tampilan seperti ini



Akan Muncul Plugin yang kalian instal tadi yaitu QR4Office, kalian tinggal klik saja dan menu QR Code akan tampil seperti apa yang sudah dijelaskan tadi.




Mungkin untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat versi videonya dibawah ini.


Seperti itu ya teman-teman, selamat mencoba.

kunjungi terus www.sketzhbook.com untuk melihat tips atau tutorial lainnya.

Post a Comment for "Cara Membuat QR Code Di MS.Office (MS. Word, Ms. Excel & Ms. Power Point)"

Seedbacklink