Widget HTML Atas

Setiap Orang Punya Arti Suksesnya Sendiri

(Unsplash.com)

Dalam buku Gratitude, Daniel Mananta menyebut, kesuksesan kadang bisa sulit sekali dimaknai.

Kesuksesan kadang bisa sulit sekali dimaknai.

Jika orang ditanya, "apa definisi sukses?" Tentu setiap orang punya definisinya masing-masing. Ada yang mengartikannya sebagai kaya harta, ada yang mengartikannya sebagai popularitas, dan ada pula yang mengartikannya sebagai kebermanfaatan bagi orang lain.

Seperti Daniel Mananta dalam tulisannya di buku Gratitude, sebuah buku kompilasi yang dihimpun oleh Tim Greatmind, menulis bahwa definisi sukses baginya ialah tentang keseimbangan. Keseimbangan yang dimaksud adalah keseimbangan antara passion dan aspek lain dalam hidup seperti keluaga, spiritual, pekerjaan, maupun finansial.

Ia memisalkan perihal keseimbangan tersebut seperti ini, ada seorang Ayah yang sangat kaya, tapi dia tidak punya waktu untuk keluarga. Akhirnya, ketika tua, dia sendirian tanpa ada anak-anaknya yang menemani. Kenapa? karena anak-anaknya mencontoh dia untuk bekerja mati-matian sampai akhirnya di saat dewasa ia tidak punya waktu juga untuk ayahnya.

Pada saat terjadi ketidakseimbangan, ada banyak sekali hal yang dikorbankan.

Namun, pria yang sampai saat ini masih sering dipanggil VJ Daniel ini menyebut, kesuksesan memang harus dilengkapi dengan passion. Passion di sini adalah hal yang bersedia kita lakukan bahkan jika tidak dibayar. Kesuksesan itu kemudian akan tergambar ketika passion tersebut ternyata diberikan harga oleh orang lain. Namun, tetap saja, passion pun tetap harus kembali pada konsep keseimbangan tadi. Begitu kurang lebih ungkap Daniel mengenai arti sukses baginya.

Selengkapnya bisa kalian baca disini: Arti Sukses yang Sebenarnya

Daniel Mananta, (Greatmind.id)

Lain halnya dengan Billy Boen, penulis buku Young On Top (YOT) sekaligus Presiden Direktur PT YOT Nusantara, punya arti lain mengenai sukses. Masih dalam buku yang sama, yakni Gratitude, ia menulis, sukses adalah ketika saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Bahagia bagi saya adalah ketika saya mampu bersyukur atas kesuksesan yang saya raih. Keduanya berkelindan satu sama lain sehingga tidak mungkin berjalan sendiri-sendiri. Pendeknya, saya tidak akan sukses jika saya tidak bahagia, dan saya tidak bahagia jika tidak sukses.

Selengkapnya bisa kalian baca disini: Arti Kesuksesan dan Kebahagiaan Sesungguhnya

Sementara Mario Teguh, dalam channel youtube-nya menyebut, kalau arti dari sukses itu menjadi orang baik, maka tidak usah di masa depan.  Sekarang saja sudah bisa sukses jadi orang baik.

Begitulah makna sukses bagi beberapa tokoh publik. Kalau kamu, apa arti sukses bagimu?

No comments for "Setiap Orang Punya Arti Suksesnya Sendiri"