Widget HTML Atas

Sebagai Pengingat untuk Bersyukur

Unsplash.com

Sulit rasanya untuk menulis tentang rasa syukur, di kala saya sendiri adalah orang yang tidak pandai bersyukur. Namun, tidak ada salahnya untuk menuliskannya disini. Barangkali ada yang bisa dipetik (mangga kali ah). Kalau pun tidak ada, setidaknya bisa jadi reminder buat diri saya sendiri.

Dalam bahasa Indonesia, syukur dapat diartikan berterimakasih. Dalam literatur agama, syukur berarti menggunakan atau mengolah nikmat yang dilimpahkan Tuhan sesuai dengan tujuan dianugerahkannya (Lentera Hati, Quraish Shihab). Jadi, syukur adalah memaksimalkan apapun yang dianugerahkan kepada kita untuk kebaikan.

Ngomong-ngomong soal bersyukur, aktivitas ini adalah hal yang sering kita lupakan. Penyebabnya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kita terbiasa menerima nikmat dan karunia sebagaimana adanya. Take things for granted lah bahasa sundanya. Iya, udah ga jaman pelesetan. Hm, padahal kalau kita mau merenung, banyak sekali hal-hal yang kita peroleh secara gratis di saat orang lain perlu membayarnya.

Unsplash.com

Contohnya adalah hidup di negara yang aman. Bayangin, kalau kita hidup di negara Timur Tengah yang penuh konflik, kita gak akan bisa hidup senyaman saat ini. Gak akan bisa tuh kita ngopi cantik sambil dengerin lagu-lagu Hindia, FUR, atau Arctic Monkeys. Buat kamu yang suka K-POP, Korea Utara Pop (Iyaa udah ga jaman pelesetan maapin), kamu gak akan bisa nontonin MV ITZY or BTS sambil teriak-teriak histeris. Banyak sekali hal-hal yang gak bisa kita lakukan jika kita hidup di negara konfik. Pernahkah kita mensyukurinya?

 (Ryujin, Kumparan.com)

Btw, gara-gara tulisan di atas, saya jadi keinget Korea Utara. Oke deh coba bayangin kita hidup di Korea Utara. Serem banget ga sih? Gaya rambut aja harus mirip sama Kim Jong Un yang gak banget gaya rambutnya. Belum lagi kebebasan berekspresi kita dikekang.

Oleh karena itu, tulisan ini dibuat sebagai pengingat untuk bersyukur. Untuk lebih menghargai hal-hal kecil dalam hidup kita, dan tidak lagi take things for granted.

__

So, apa yang kamu syukuri hari ini?

No comments for "Sebagai Pengingat untuk Bersyukur"