Iklan Melayang

3 Manfaat Membaca



Tidak dapat dipungkiri, membaca itu banyak sekali manfaatnya. Diantara manfaat tersebut adalah membuat kita lebih pintar, lebih kreatif, memperkuat daya ingat, bahkan mengurangi stres. Terdengar mainstream memang. Tapi jika kalian lanjut membacanya, kalian akan menyukainya. Tanpa berlama-lama berikut 3 manfaat dari membaca. Check this out:

Mengurangi Stres

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti University of Sussex, ditemukan bahwa membaca dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Lebih tinggi dari mendengarkan musik yang hanya sekitar 61 persen, minum teh 54 persen, dan berjalan 42 persen.



Ketika membaca dan larut dalam bacaan itu, kita sejenak keluar dari hiruk pikuk dunia dan mengenyahkan kegelisahannya. Wajar sih, kalau aktifitas yang satu ini memang bisa mengurangi stres. Ada ungkapan yang bagus dari Dr. David Lewis mengenai hal ini.

“Menenggelamkan diri pada buku merupakan relaksasi yang luar biasa,” (dikutip dari merdeka.com).

Menambah Pembendaharaan Kata

Dulu, seorang teman pernah bertanya begini, “Gimana sih caranya supaya bisa nulis?”. Waktu itu jawaban mimin adalah, “ya ceritain apa yang ada di kehidupanmu aja. Datangnya tulisan kan dari kehidupan itu sendiri.”

Namun, kalau sekarang mimin ditanya lagi, mungkin jawabannya akan ditambahin sedikit jadi seperti ini, “ya ceritain apa yang ada di kehidupanmu aja. Datangnya tulisan kan dari kehidupan itu sendiri. Dan perbanyak membaca.”

Kenapa perbanyak membaca? Karena, untuk menuangkan cerita kehidupan yang ada ke dalam tulisan, diperlukan pembendaharaan kata yang memadai. Logikanya gini, menulis itu kan merangkai kata-kata, kalau kata-kata dalam pikirannya gak ada, apa yang mau dirangkai? Ibarat menuang dari teko yang kosong, mana bisa ya kan?

Dengan memiliki pembendaharaan kata yang memadai, manfaatnya itu gak cuma ketika kita mau nulis aja, tapi lebih dari itu. Dalam berkomunikasi kita jadi lebih baik, dalam menyampaikan gagasan juga lebih jelas, dan lebih sounds educated gitu lah kalau ngomong. Ini berguna sih kalau kamu berkarir dalam bidang yang memerlukan kemampun berbicara yang bisa mempengaruhi orang lain.

Membuat Lebih Kreatif

Membaca adalah aktifitas berpikir. Ketika kita membaca, kita punya akses ke alam bawah sadar yang kemudian memunculkan ide-ide yang sebetulnya sudah ada, hanya saja tidak akan keluar jika kita tidak menyelam lebih jauh ke alam bawah sadar tersebut.



Membaca juga berbeda halnya dengan aktifitas menonton TV dan yang sejenisnya. Ketika kita menonton TV atau apapun, kita menjadi penonton yang pasif. Kita hanya menikmati apa yang terhidang. Lain halnya dengan membaca. Ketika membaca, otak kita bereaksi, dan merangsang otak untuk berimajinasi. Terlebih jika buku yang kita baca terbilang baik dalam menggambarkan latar cerita atau suasana, beuh, imajinasi kita pun pasti semakin liar. Itulah yang kemudian melahirkan ide-ide yang segar dan out of the box.

__

Jadi, bagaimana? Sudah mulai tertarik membaca buku?

 

Ditulis oleh Habiburrahman

 

 


Post a Comment for "3 Manfaat Membaca"

Seedbacklink